Gerakan Mahasiswa Indonesia Untuk Solidaritas Global Atas Tragedi Palestina

  • May 7, 2024
  • /
  • Artikel
  • /
  • Admin
  • 321

Aksi Protes Perang Gaza oleh Gerakan Mahasiswa di Amerika Serikat

Robert Cohen, seorang profesor ilmu sosial dan sejarah di New York University yang mempelajari aktivisme mahasiswa menyatakan bahwa aksi protes yang terjadi baru-baru ini (terhadap perang di Gaza yang telah menyebar ke kampus-kampus di seluruh negeri di Amerika Serikat pada hari-hari sejak mahasiswa di Columbia University ditangkap polisi) belum mencapai skala protes mahasiswa besar-besaran pada akhir tahun 1960-an terhadap Perang Vietnam atau tahun 1980-an terhadap apartheid di Afrika Selatan. Namun (untuk aksi protes) di kampus, mereka mungkin merupakan “gerakan mahasiswa terbesar sejauh ini” di abad ke-21.

Beberapa tuntutan para mahasiwa, termasuk divestasi dari perusahaan-perusahaan yang mendukung perang dan pendudukan Israel, mencerminkan tuntutan yang diajukan para pengunjuk rasa di masa lalu untuk melakukan divestasi dari pemerintah apartheid Afrika Selatan. Ketidakpuasan mereka juga semakin meningkat seiring dengan tindakan keras polisi.

Mahasiswa Columbia University terkenal karena aksi mereka menduduki gedung universitas pada tahun 1968 sebagai protes terhadap segregasi dan Perang Vietnam sebelum polisi memindahkan mereka secara paksa. Mereka ingin Columbia University mengakhiri pembangunan gimnasium terpisah di dekat Morningside Park dan memutuskan hubungan dengan Institute for Defense Analyses, yang meneliti pengembangan senjata untuk upaya perang Pemerintah AS.

Kampus dan Gerakan Mahasiswa
Ada sesuatu tentang kampus universitas yang menginspirasi aktivisme politik. Bahkan di era media sosial, kedekatan geografis dengan komunitas dengan konsentrasi generasi muda yang tinggi – banyak di antara mereka yang berpikir kritis tentang dunia untuk pertama kalinya dan mungkin tidak terganggu oleh tekanan kehidupan orang dewasa – tampaknya membantu inkubasi sosial gerakan. “Universitas adalah pusat pengajaran dan pembelajaran di mana orang diajar di dalam kelas, atau di luar kelas, untuk mempertanyakan berbagai hal,” kata Cohen.

Ini tidak spesifik untuk Amerika. Di seluruh dunia, kampus merupakan pusat kegiatan politik dan kaum muda berada di garis depan gerakan sosial. Mahasiswa telah memimpin banyak protes besar dalam sejarah. Mereka mengakui adanya penindasan dan ketidakadilan dan melakukan pengorganisasian secara massal, yang sering kali membahayakan nyawa dan masa depan mereka. Berikut ini beberapa aksi protes mahasiswa yang mengubah dunia:

1. Aksi Protes di Universitas Fisk (1925)

Universitas Fisk memiliki sejarah panjang aktivisme mahasiswa. Pada tahun 1925, Presiden Fisk, Fayette McKenzie membatasi banyak kegiatan mahasiswa, termasuk menghentikan koran kampus, menghentikan sebagian besar kegiatan ekstrakurikuler, dan membatasi interaksi antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. McKenzie juga mencari dana abadi dari yayasan yang tidak ingin mahasiswanya menentang undang-undang Jim Crow. WEB Du Bois, yang pernah kuliah di Fisk, memberikan pidato di kampus yang mengkritik McKenzie. Mahasiswa dan alumni mulai menuntut perubahan, yang awalnya disetujui oleh McKenzie, tetapi kemudian dia mundur. Pada bulan Maret, setelah protes damai, McKenzie menelepon polisi, yang masuk ke asrama pria dengan kekerasan untuk mencari “penghasut.” Tindakan ini menguntungkan para mahasiswa. Lebih banyak protes dimulai, serta boikot terhadap sekolah. Pada bulan April, Fisk mengundurkan diri.

2. Mawar Putih (1942-1943)

Mawar Putih adalah kelompok perlawanan damai di Nazi Jerman. Para pendiri kelompok tersebut, yang merupakan mahasiswa kedokteran, menyaksikan pasukan SS membunuh warga sipil Yahudi di Front Timur. Sekembalinya ke Munich, kelompok tersebut bergabung dengan mahasiswa lain dan secara anonim mulai menerbitkan selebaran yang menentang rezim Nazi yang pernah mereka dukung. Saudara kandung Hans dan Sophie Scholl adalah tokoh sentral dalam kelompok tersebut. Pada tahun 1943, The White Rose melukis grafiti di gedung-gedung di sekitar Munich dengan kalimat seperti “Ganyang Hitler”. Kelompok tersebut kedapatan menyebarkan selebaran dan ditangkap. Mereka menjalani persidangan palsu dan dipenggal. Sehari sebelum eksekusinya pada usia 21 tahun, Sophie menulis kata “Freiheit” di belakang dakwaannya. Kebebasan. Saat ini di Jerman dan luar negeri, perlawanan Mawar Putih sangat dihormati dan menginspirasi para aktivis muda.

3. Aksi duduk di Greensboro (1960)

Aksi duduk damai di konter makan siang terpisah adalah salah satu protes pertama selama gerakan Hak Sipil di Amerika Serikat. Pada tahun 1960, empat mahasiswa kulit hitam dari Sekolah Tinggi Pertanian dan Teknik Carolina Utara merencanakan aksi duduk di Woolworth's. Pada tanggal 1 Februari, mereka masuk ke dalam dan duduk di konter makan siang. Ketika layanan ditolak, mereka menolak untuk pergi. Polisi segera datang, namun para mahasiswa tetap tenang. Seorang pengusaha kulit putih setempat, yang bekerja dengan para mahasiswa, memberi tahu media, yang menyebarkan pesan protes tersebut. Protes berkembang sehingga pada tanggal 5 Februari, terdapat 300 mahasiswa pengunjuk rasa di Woolworth's. Gerakan duduk menyebar ke kota-kota perguruan tinggi lain dan mencakup perpustakaan, hotel, dan bisnis lain yang terpisah. Pada musim panas, banyak bisnis dan fasilitas umum mulai berintegrasi, termasuk Greensboro Woolworth’s.

4. Penembakan di Universitas Negeri Kent (1970)

Protes terhadap Perang Vietnam terus berlanjut hingga tahun 1960-an, banyak di antaranya dipimpin oleh mahasiswa. Ketika Richard Nixon terpilih pada tahun 1968, dia berjanji untuk mengakhiri perang, namun pada tahun 1970, AS menginvasi Kamboja. Protes dimulai keesokan harinya, termasuk di Kent State University. Selama beberapa hari berikutnya, ketegangan meningkat antara polisi dan pengunjuk rasa. Pada tanggal 4 Mei, pejabat universitas mencoba melarang protes yang dijadwalkan, namun sekitar 3.000 orang tetap hadir. Mereka disambut oleh 100 Pengawal Nasional Ohio yang bersenjatakan senapan militer. Ketika massa mulai berteriak dan melempar batu, Pengawal melepaskan tembakan, menewaskan empat siswa dan melukai sembilan lainnya. Gambar pembantaian yang paling terkenal, foto pemenang hadiah Pulitizer oleh John Filo, memperlihatkan seorang gadis berusia 14 tahun berjongkok di atas tubuh salah satu korban. Kampus Kent State ditutup dan terjadi pemogokan mahasiswa berskala nasional dengan hampir 4 juta peserta. Protes anti-Perang Vietnam seperti yang terjadi di Kent State mengubah aktivisme mahasiswa selamanya, meningkatkan risiko terjadinya protes dan memperkuat sentimen anti-perang di jutaan orang Amerika.

5. Pembantaian Tlatelolco (1968)

Tahun 1960-an merupakan masa yang penuh gejolak di seluruh dunia, termasuk di Meksiko. Protes mahasiswa bermula setelah polisi anti huru hara dikerahkan untuk menangani perkelahian antar siswa SMA. Ketika polisi gagal, tentara datang, membunuh segelintir mahasiswa setelah meledakkan pintu kampus. Mahasiswa dengan cepat berorganisasi, dan selama beberapa bulan berikutnya, protes terhadap penindasan dan kekerasan terjadi. Namun pemerintah menolak memenuhi tuntutan mahasiswa tersebut, dan pada tanggal 2 Oktober 1968, ribuan orang berkumpul di Three Cultures Square di kompleks perumahan Tlatelolco. Tentara muncul untuk menangkap para pemimpin mahasiswa, namun ketika suara tembakan terdengar, tentara mulai menembak. Sumber-sumber pemerintah mengklaim hanya empat orang yang terbunuh, namun keterangan saksi menyebutkan ratusan mayat. Investigasi formal belum dilakukan selama beberapa dekade dan masih belum jelas berapa banyak orang yang tewas, namun dokumen resmi menunjukkan bahwa cabang khusus militer mengirim penembak jitu untuk memprovokasi pasukan. Saat ini, tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Berkabung Nasional dan simbol perlawanan terhadap otoritarianisme, dengan masyarakat Meksiko yang mengatakan “2 Oktober, jangan pernah lupa”.

6. Pemberontakan Soweto (1976)

Di Afrika Selatan, sistem apartheid memicu kekerasan dan diskriminasi terhadap warga kulit hitam Afrika Selatan pada tahun 1948-1991. Pendidikan yang tidak setara adalah bagian utama dari apartheid. Pada tahun 1953, Undang-Undang Pendidikan Bantu menjadikan pendidikan orang kulit hitam Afrika Selatan berada di bawah kendali pemerintah nasional. Sekolah-sekolah tersebut tidak dikelola dengan baik, dan pada tahun 1961, hanya 10% guru kulit hitam yang lulus SMA. Pada bulan Juni 1976, antara 3.000-10.000 siswa melakukan demonstrasi untuk memprotes arahan pendidikan tertentu dan pendidikan yang tidak setara secara keseluruhan. Polisi bersenjata menyerang pawai tersebut, menewaskan antara 176-700 orang dan melukai sekitar 1.000 orang. Mahasiswa terus berorganisasi dan protes anti-apartheid menyebar ke seluruh negeri, menarik perhatian internasional dan kecaman terhadap rezim apartheid. Kelompok-kelompok di seluruh dunia mulai mendorong universitas-universitas untuk menghentikan investasi mereka pada perusahaan-perusahaan yang mendukung pemerintah Afrika Selatan, yang membuka jalan bagi berakhirnya apartheid. Hari ini, 16 Juni adalah Hari Pemuda Nasional di Afrika Selatan.

7. Revolusi Beludru (1989)

Sejak akhir Perang Dunia II, pemerintahan Cekoslowakia dikendalikan oleh partai Komunis yang menindas kritik. Pada tahun 1989, sembilan hari setelah Tembok Berlin runtuh, mahasiswa berkumpul di Praha untuk memperingati 50 tahun kematian seorang pengunjuk rasa dalam demonstrasi menentang pendudukan Nazi. Protes tersebut berubah menjadi acara anti-pemerintah dengan para mahasiswa meneriakkan slogan-slogan anti-Komunis. Polisi menanggapinya dengan kekerasan, namun protes tumbuh dan menyebar ke kota-kota lain. Pada tanggal 20 November, 500.000 pengunjuk rasa berkumpul di Lapangan Wenceslas. Delapan hari kemudian, kepemimpinan Partai Komunis mengundurkan diri, membuka jalan bagi pemerintahan baru yang anti-komunis. Václav Havel, seorang penyair, penulis naskah drama, dan pemimpin utama gerakan demokrasi, terpilih sebagai presiden. Wilayah Ceko dan Slovakia berpisah, dan pada tahun 1993, Havel terpilih sebagai presiden pertama Republik Ceko. Karena para mahasiswa secara damai menggulingkan pemerintah, minggu-minggu kritis protes tersebut dikenal sebagai Revolusi Velvet.

8. Lapangan Tiananmen (1989)

Pada musim semi tahun 1989, mahasiswa Tiongkok semakin bersemangat untuk melakukan reformasi politik dan ekonomi. Meskipun relatif makmur, inflasi yang tinggi dan korupsi menodai reputasi pemerintah. Mahasiswa mulai memprotes kebebasan individu dan hak asasi manusia. Ketika salah satu pejabat pendukung reformasi demokrasi – yang terpaksa mengundurkan diri – meninggal, sejumlah besar mahasiswa pengunjuk rasa berkumpul. Di Lapangan Tiananmen, demonstrasi meningkat hingga mencapai satu juta orang. Untuk membubarkan massa, Tentara Pembebasan Rakyat datang dengan membawa tank dan gas air mata. Tidak diketahui berapa banyak yang terbunuh atau terluka, namun ribuan orang ditangkap dan beberapa dieksekusi. Para pengunjuk rasa akhirnya berhasil dibubarkan, namun seorang fotografer mengambil foto seorang pria yang sedang berdiri di barisan tank. Foto itu dengan cepat menjadi legendaris dan disensor di Tiongkok. Pria tersebut tidak pernah diidentifikasi, namun gambarnya tetap hidup sebagai simbol perlawanan.

9. Berbaris untuk Hidup Kita (2018)

Pada Hari Valentine tahun 2018, seorang pria bersenjata membunuh 17 siswa di Sekolah Menengah Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida. Siswa dari sekolah tersebut mendirikan Never Again MSD dan mulai mengorganisir demonstrasi yang disebut “March For Our Lives.” Pawai tersebut terjadi pada 24 Maret dengan ratusan unjuk rasa di seluruh AS. Antara 1-2 juta orang berpartisipasi, menjadikannya salah satu protes mahasiswa terbesar sejak Perang Vietnam. Mahasiswa menyerukan peningkatan peraturan senjata, termasuk pemeriksaan latar belakang universal, larangan penjualan senjata berkapasitas tinggi dan penjualan massal, dan menaikkan usia federal kepemilikan/kepemilikan senjata menjadi 21 tahun. Mahasiswa di seluruh dunia mengorganisir demonstrasi solidaritas. Ketika Amerika terus terguncang akibat penembakan massal yang sering terjadi, mahasiswa akan tetap menjadi kekuatan yang kuat dalam perjuangan untuk perubahan.

10. Pemogokan Iklim Global (2019)

Pada tahun 2018, Greta Thunberg mulai melakukan protes di luar parlemen Swedia dengan sebuah tanda bertuliskan, “Pemogokan sekolah untuk iklim.” Protesnya mendapat perhatian internasional dan pada tahun 2019, pemogokan global mulai diorganisir. Dikenal sebagai Pemogokan Iklim Global, acara ini dijadwalkan di lebih dari 163 negara di tujuh benua. Sulit untuk mengetahui angka pastinya, namun jutaan orang berpartisipasi dalam protes perubahan iklim terbesar pada saat itu. Protes perubahan iklim yang dipimpin oleh kaum muda terus menjamur di seluruh dunia. Meskipun Greta Thunberg adalah aktivis muda perubahan iklim yang paling terkenal, banyak mahasiswa lain yang mendesak untuk melakukan tindakan di seluruh dunia. Jika kemajuan besar dalam perubahan iklim terjadi, generasi mudalah yang akan mendorongnya.

11. Protes Pemuda di Thailand (2020-2022)

Pada tahun 2019, Thailand beralih dari pemerintahan diktator militer ke pemerintahan semi-terpilih, meskipun masih didominasi oleh militer. Taktik otoriter tetap ada, yang berujung pada demonstrasi massal pada tahun 2020. Mahasiswa mulai mengorganisir protes dan unjuk rasa, yang menarik ribuan peserta. Mereka melakukan penghormatan tiga jari yang berasal dari franchise The Hunger Games. Gerakan ini tidak memiliki pemimpin yang jelas, sehingga banyak kelompok yang menggunakan media sosial untuk berorganisasi dan menyerukan demokrasi. Protes berubah menjadi kekerasan ketika polisi meningkat dengan gas air mata dan peluru karet. Karena pandemi COVID-19, pelecehan oleh polisi, penuntutan terhadap pengunjuk rasa, dan konflik internal, gerakan yang dipimpin pemuda ini sebagian besar meninggalkan jalanan.

Solidaritas Internasional, Sejak Kapan?

Sejarawan Caroline Moine, pernah bekerja di Institut Max Planck untuk Pembangunan Manusia dan sekarang meneliti dan mengajar di Universitas Paris-Saclay. Dalam proyek penelitian umum "Politics with Feeling", ia menyelidiki asal usul solidaritas internasional. Apa yang ia temukan adalah apa yang disebut filhellenisme, yang muncul pada awal abad ke -19, merupakan titik awal yang penting.

Asal usul solidaritas internasional dimulai sejak Filhellenisme pada tahun 1820-an hingga sekarang. Jejak salah satu momen awal solidaritas internasional sejak 200 tahun yang lalu, ketika banyak orang di seluruh Eropa menyatakan solidaritasnya dengan Yunani, sebuah negara kecil yang memperjuangkan haknya untuk menentukan nasib sendiri.

Menurut sumber sejarah Moine, fenomena filhellenisme berkembang menjadi sebuah pan -Gerakan solidaritas Eropa ketika tentara Ottoman membantai penduduk Yunani di pulau Chios pada bulan April 1822. Namun, istilah "solidaritas" muncul kemudian dan terutama digunakan dalam konteks gerakan buruh terutama berakar pada amal Kristen.

Refleksi: Apakah Gerakan Mahasiswa di Indonesia Memiliki Sejarah Solidaritas Internasional?

Mungkin sebagian dari kita tidak atau kurang setuju dengan catatan-catatan sejarah yang dibuat dan ditulis orang lain. Karena memang sebaiknya kita sendiri yang harus membuat dan menulis sejarah. Sejarah tentang gerakan mahasiswa yang mengubah dunia dan solidaritas internasional, terutama di era sekarang ini. Ketika batas-batas teritorial semakin kabur dan jarak antar ruang tidak lagi menghasilkan jarak waktu untuk bergerak dan bersolidaritas secara global.

Apakah gerakan mahasiswa Indonesia dalam solidaritas antar bangsa terhadap pelanggaran hak asasi manusia dan ketidakadilan sosial secara global saat ini akan kalah dengan yang terjadi di Amerika Serikat, Amerika Latin, Eropa, Australia, dan Asia lainnya?

Ketika Indonesia menjadi salah satu negara-bangsa yang dikenal dunia sebagai salah satu pendukung kemerdekaan Palestina, bahkan berkesesuaian dengan konstitusi (Pembukaan UUD 1945) serta ideologi nasional (Pancasila) serta sejarah besar Konferensi Asia Afrika (KAA 1955); mungkin sudah saatnya gerakan mahasiswa Indonesia juga segera menunjukkan solidaritas globalnya untuk membela Palestina dan mengakhiri genosida dan ekosida yang dilakukan para Zionis di sana. Mungkin itu juga akan menjadi salah satu cara untuk menghantam imperialisme neoliberal, termasuk yang menggerogoti dan menghancurkan negeri kita dari dalam. Sebab gerakan sosial global, sesuai namanya, bisa dilakukan dengan bersolidaritas internasional sekaligus mengubah yang ada di dalam (domestik) dari luar.

Referensi:
Nicole Narea, How today’s antiwar protests stack up against major student movements in history, https://www.vox.com/politics/24141636/campus-protest-columbia-israel-kent-state-history

Human Rights Careers, 11 Student Protests That Changed The World, https://www.humanrightscareers.com/issues/student-protests-that-changed-the-world/

Mechthild Zimmermann, The origins of international solidarity, https://www.mpg.de/18663009/the-origins-of-international-solidarity




Penulis: Virtuous Setyaka (Dosen Hubungan Internasional Universitas Andalas)

Email: vsetyaka@gmail.com

Editor: Tim HubunganInternasional.id


About The Author

Comments